17 Januari 2008

Bersepeda

Beberapa bulan ini, sepeda membuatku gila. Sepedaku mungkin kelelahan karena berlarian (sepeda berlarian?) di kepalaku :) Hehe jadi ingat Sigit dan Seto klo menulis "berlarian di kepala". Setiap hari yang ada dikepalaku adalah merencanakan rute untuk gowes ke kantor, ato gowes di akhir pekan.

Sebenarnya bersepeda bukan aktivitas baru. Ketika masih kuliah, aku dan Suci (sohibku yang "sakit jiwa") sering bersepeda ke kampus, tapi waktu itu alasannya bukan untuk kesehatan apalagi dalam upaya menyelamatkan bumi dari global warming melainkan untuk pengiritan:) Seingatku waktu itu ongkos bis kota untuk mahasiswa sekitar Rp. 1000,-. Jika minimal dalam sehari kami harus berganti bis sebanyak 4x, biaya yang dikeluarkan untuk ngebis bisa dialokasikan ke yang lain, seperti jajan tempura dan es gulas diboulevard UGM ato untuk patungan sewa CD (untuk CD bokep aku ga patungan, krn hanya Suci yang suka:)) Sebenarnya waktu itu aku belum punya sepeda jadi aku sering dibonceng Suci, secara badan dia lebih besar dan dengkulnya lebih keras (aku meminjam 1 dari 3 istilah "ras"milik bapak2 Mtb Batam). Setelah Ibnu (adikku tersayang yang kurus, jerawatan dan saat ini sering sakit2an) membelikanku sebuah sepeda mini, posisiku bukan sebagai yang dibonceng lagi , tapi berpindah kedepan sebagai goweser:) Rute gowesnya hanya rumah, pemberhentian bis, tempat fotocopy dan warung makan. Tapi setelah aku mulai kul profesi, aktivitas nyepeda berhenti karena aku lebih sering berada diluar Yogya dan jauh dari sepedaku.
Hampir 1 tahun tidak bersepeda, aktivitas ini sekarang kulakoni lagi. "Bike to work" begitu kata orang-orang komunitasnya. Bersepeda dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Lagi-lagi tujuanku bukan untuk save our (mother) earth, tapi cuma untuk ngisi waktu karena di Batam aku ga punya sodara, hanya bbrp temen yang baru kenal sehingga hari-hari selepas jam kerja dan terutama weekend lebih banyak kuhabiskan dengan "nglumbruk" di kasur sambil nonton infotainment. Ada beberapa komunitas pekerja bersepeda di Batam seperti IC (Interconnected Cyclist), kemudian ada juga teman2 yang tergabung dalam Mtb Batam. Perlu diketahui, dengkul bapak-bapak ini bener2 keras, mereka terbiasa bersepeda jarak jauh dan melewati medan yang berbukit-bukit. Sangat jauh berbeda dengan kota Yogya yang datar, sehingga tidak memerlukan tenaga ekstra saat menggowes.

Sekarang hampir tiap hari aku bersepeda, ke kantor, sekedar gowes disekitar kost-an, dan terkadang gabung gowes bareng dengan teman2 dari Mtb Batam. Menyenangkan, menyehatkan, bener2 stress healling:)

Yuks gowes....:)

2 komentar:

www.anake7.com mengatakan...

keyen juga nih Blognya...tulisan2 nya juga enak dibaca, apalagi photonya cukup mewakili imajinasi...
terus berkarya

Zulfakar mengatakan...

ya setuju, tadinya saya nggak sengaja buka blog nya mbak ayu, eh isinya keren banget, ada bakat tuh jadi penulis, kenalin saya zul, juga anggota mailing list mtb, kayaknya kita dah berapa kali ketemu, bahkan foto saya juga ada diblog ini waktu ke rumah pak ria kemarin. Ditunggu lagi tulisan-tulisan nya...

Posting Komentar | Feed



Sapedah | powered by Blogger | created from Minima retouched by ics - id